Tips Strategi Sukses Investasi Warren Buffet

Tips Strategi Sukses Investasi Warren Buffet

FBS INDONESIA

The Best Broker Forex In The World

Ikuti keinginan AndaApa yang sebenarnya ingin Anda lakukan? Jika tidak ada ide sama sekali, cobalah tanya pada diri Anda “Apa yang bisa saya lakukan yang jarang bisa dilakukan orang lain?”. Pertanyaan ini adalah permulaan yang baik bagi mereka yang ingin memulai bisnis sendiri. Ini akan mendorong seseorang untuk memperoleh ide tentang pekerjaan yang paling mungkin dilakukan sesuai dengan kemampuannya yang khas. Normalnya seseorang akan cenderung sukses bila menyukai dan menikmati pekerjaan yang ia sukai.

Jangan terpaku pada masa laluBelajar dari kesalahan tetapi jangan hidup di masa lalu. Buffet selalu menganjurkan semua orang yang bekerja untuk Berkshire Hathaway melihat ke masa depan. Ia tidak ingin mereka terjebak dalam sejarah masa lalu karena jika ini terjadi akan dibutuhkan waktu yang lama untuk kembali ke keadaan sekarang guna menghadapi tantangan masa depan. Ini berkaitan erat dengan pengambilan keputusan, hal yang sangat krusial dalam bisnis apapun.

Jika Anda terpaku pada keputusan masa lalu yang gagal maka Anda tidak bisa melihat masa depan dengan jernih, sebaliknya terjebak dalam keputusan masa lalu yang sukses akan menyebabkan Anda arogan dan menganggap sepele dalam menyikapi keputusan untuk masa depan. Kedua hal tersebut akan membuat Anda gagal total karena bisnis Anda adalah untuk masa depan.

Selalu belajar untuk meningkatkan kemampuanWarren Buffet yakin bahwa salah satu faktor yang menentukan sukses adalah kemampuan (skill). Anda harus menyediakan waktu untuk belajar dan meningkatkan skill. Skill yang Anda miliki tidak akan hilang atau berkurang seperti misalnya harga saham yang suatu saat nilainya bisa merosot. Untuk skill tertentu Anda tidak harus belajar di universitas atau akademi.

Untuk skill yang berhubungan dengan teknik mungkin Anda harus belajar di akademi misalnya teknik mesin atau listrik, tetapi untuk mengajak orang berinvestasi skill utama yang harus Anda miliki adalah komunikasi. Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi Buffet menganjurkan agar Anda membaca buku ‘How to Win Friends and Influence People’ yang ditulis oleh Dale Carnegie. Ini bisa dimaklumi karena Buffet pernah bekerja sebagai penjual produk-produk investasi.

Dalam berinvestasi berpeganglah pada apa yang Anda ketahuiBuffet selalu menolak membeli saham perusahaan yang sama sekali tidak diketahuinya sekalipun banyak informasi positif tentang perusahaan tersebut. Seperti diketahui Buffet sangat teliti dalam memilih saham-saham yang hendak dibelinya. Ia menganjurkan agar Anda membeli saham-saham perusahaan yang benar-benar Anda ketahui fundamentalnya, selain itu Buffet juga menyarankan diversifikasi dengan berinvestasi pada saham-saham dari berbagai sektor.

Berpikir secara independenDalam menciptakan ide-ide bisnis hendaknya Anda tidak bergantung pada orang lain. Ide tersebut harus timbul dari pengetahuan dan informasi yang Anda miliki. Anda tidak harus menggantungkan sukses Anda pada orang lain. Anda mesti bisa berpikir independen. Selain itu jaga kestabilan emosi dengan tidak menilai ide Anda terlalu tinggi (terlalu yakin akan berhasil) atau terlalu rendah (sangat khawatir akan gagal).

Sumber : www.incplan.net : Advice From Great Entrepreneurs: Warren Buffet